Kabar-kabari seputar GAW Bukit Kototabang

Home | kabar-kabari

Pelaksanaan Vaksinasi Covid-19 di Lingkungan GAW Bukit Kototabang

  • Admin / Kamis, 29 April 2021
  • 232

Image Description

Rabu, 28 April 2021 - Vaksinasi COVID-19 merupakan salah satu program pemerintah sebagai bentuk upaya perlindungan masyarakat dari penyebaran COVID-19 di Indonesia, pada hari rabu, 30 Maret 2021 dilaksanakan vaksinasi tahap 1 untuk GAW Bukit Kototabang di Puskesmas Pakan Kamis, Tilatang Kamang, Kabupaten Agam. Sebanyak 9 orang terdiri dari Kepala Stasiun, Kepala Tata Usaha, Koordinator Observasi dan Datin serta staf fungsional dan PPNPN GAW Bukit Kototabang mengikuti agenda vaksinasi, sisanya mengikuti vaksinasi pada tanggal 5 April 2021.Para peserta vaksinasi mengikuti standar pelaksanaan vaksinasi oleh Kementerian Kesehatan, terdiri dari 5 meja. Pada meja pertama, peserta melakukan verifikasi data diri penerima vaksin dengan memberikan KTP kepada petugas, di meja kedua petugas melakukan screening untuk meninjau kondisi kesehatan peserta apakah layak untuk menerima vaksinasi, jika layak maka peserta akan melanjutkan ke ruang pemeriksaan (meja ketiga) untuk menerima vaksin. Setelah menerima vaksinasi, peserta selanjutnya menuju meja ke empat untuk melakukan tahapan observasi selama 30 menit. Jika peserta tidak merasakan keluhan apapun maka diperbolehkan check out di meja kelima. Pihak Puskesmas Pakan Kamis siap menampung pemeriksaan pasien dalam ruang UGD apabila ada peserta yang mempunyai keluhan pasca melakukan vaksinasi.

Pelaksanaan vaksinasi tahap 2 diundur dari semula tanggal 14 April 2021 menjadi 28 April 2021 dikarenakan adanya surat edaran dari Kementerian Kesehatan terkait Optimalisasi Pelaksanaan Vaksinasi COVID-19 setelah vaksinasi tahap 1. Kegiatan ini dihadiri oleh 10 orang staf terdiri dari Kepala Stasiun, Kepala Tata Usaha, Koordinator Observasi dan Datin serta staf fungsional dan PPNPN GAW Bukit Kototabang dilakukan di Puskesmas Pakan Kamis. Staf lainnya melakukan vaksinasi tanggal 3 Mei 2021.

Staf vaksinasi Puskesmas Pakan Kamis menjelaskan bahwa Program vaksinasi tidak bertujuan untuk membuat seseorang menjadi super kebal dan terbebas dari penyebaran dan penularan COVID-19. Vaksinasi juga tidak menggantikan implementasi protokol Kesehatan. Maka dari itu, peserta yang telah menerima vaksinasi dihimbau untuk tetap disiplin menerapkan 5M dan melanjutkan budaya 3T.


Kabar lainnya

Info Gempa

27 Sep 2021 00:01:32 WIB
Magnitudo : 4.3
Kedalaman : 2 km
Lokasi : 2.30 LS - 140.25 BT
Pusat gempa berada di laut 36 km BaratLaut Kab. Jayapura
Gempa ini dirasakan untuk diteruskan pada masyarakat
Historis Gempa

Help Desk

Artikel

Pengumuman

Stasiun Pemantau Atmosfer Global Bukit Kototabang (Global Atmosphere Watch) terletak di Pulau Sumatera, Indonesia (0° 12′ 07″ LS – 100° 19′ 05″ BT). Stasiun ini berjarak 17 km arah Utara kota Bukittinggi dan lebih kurang 120 km Utara kota Padang.

Aplikasi Mobile

GAWku merupakan aplikasi basis Android resmi dari Stasiun Pemantau Atmosfer Global (GAW) Bukit Kototabang yang menyediakan informasi kualitas udara, cuaca, klimatologi dan kegempaan.

Image Description

Kontak Kami

Jalan Raya Bukittinggi - Medan KM.17 Palupuh, Kabupaten Agam, Provinsi Sumatera Barat 26151