Tentang GAW

Home | Profil | Tentang GAW
Image Description
Image Description
Image Description

Stasiun Pemantau Atmosfer Global Bukit Kototabang (Global Atmosphere Watch) terletak di Pulau Sumatera, Indonesia (0° 12′ 07″ LS – 100° 19′ 05″ BT). Stasiun ini berjarak 17 km arah Utara kota Bukittinggi  dan lebih kurang 120 km Utara kota Padang yang merupakan ibukota provinsi Sumatera Barat. Stasiun yang berada di area terpencil ini terletak di daerah ekuatorial pada ketinggian 864,5 m di atas permukaan laut dan 40 km dari garis pantai bagian Barat. Arah angin berasal dari Selatan-Tenggara (Desember sampai Mei) atau Utara-Barat Laut (Mei sampai Oktober). Temperatur bervariasi dari 16 sampai 25°C dengan variasi yang sangat kecil dan kelembaban relatif biasanya lebih dari 80%. Fasilitas yang tersedia meliputi bangunan yang cukup luas yang menyediakan ruang kantor, ruang rapat, dan laboratorium. Di area atap seluas 300 m2, inlet udara dan beberapa peralatan radiasi dan meteorologi dipasang. Stasiun ini dapat dicapai dari jalan kecil yang tertutup untuk publik dan berjarak beberapa kilometer dari sebelah Barat jalan utama antara kota Padang dan Medan. Vegetasi yang mengelilingi area (30 km) sebagian besar berupa hutan tropis.

Stasiun ini merupakan bagian dari sistem monitoring dan riset yang dikoordinasi oleh World Meteorological Organization (WMO). Secara resmi mulai beroperasi sejak tanggal 7 Desember 1996 sebagai salah satu unit kerja dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Stasiun Pemantau Atmosfer Global Bukit Kototabang merupakan salah satu stasiun di daerah ekuatorial yang penting dalam program pengamatan atmosfer secara global karena secara umum pengukuran kondisi atmosfer dan kualitas udara di daerah ini sangat terbatas.

Program Pengamatan

Image Description

Gas Rumah Kaca

Pengamatan terhadap Kosentrasi Karbon Dioksida (CO2), Metana (CH4), Nitrous Oksida (N2O), Hidrofluorokarbon (HFC), Perfluorokarbon (PFC), dan Sulfur Heksafluorida (SF6).

Image Description

Kualitas Udara

Pengamatan konsentrasi parameter pencemaran udara yang terukur lebih tinggi atau lebih rendah daripada Indeks Standar Pencemaran Udara (ISPU).

Image Description

Fisis Atmosfer

Pengamatan meteorologi unsur-unsur cuaca, meliputi Suhu Udara, Kelembaban Udara, Tekanan Udara, Curah Hujan, Arah dan Kecepatan Angin, Lamanya Radiasi Matahari dan Penguapan.

7 Core Business GAW

1. Gas Rumah Kaca

CO2, CH4, N2O, SF6

2. Gas Reaktif

O3, CO, SO2, NO2

3. Deposisi Basah

pH, Daya Hantar Listrik, Anion, Kation


4. Radiasi UV

Global, UV-B, Near-IR, IR, Direct, Diffuse

5. Aerosol

PM2.5, PM10, Black Carbon, Scattering Coefficient

6. Ozon Troposfer

Ozon permukaan


7. Radiasi Matahari, Unsur Cuaca dan Radioaktivitas

Suhu Udara, Kelembaban Udara, Tekanan Udara, Curah Hujan, Penguapan, Radiasi Matahari, Arah dan Kecepatan Angin

Info Gempa

05-Dec-19 19:24:43 WIB
Magnitudo : 5.8 SR
Kedalaman : 10 Km
Lokasi : 5.33 LU - 126.83 BT
148 km TimurLaut MELONGUANE-SULUT
tidak berpotensi TSUNAMI
Historis Gempa

Help Desk

Artikel

Pengumuman

Stasiun Pemantau Atmosfer Global Bukit Kototabang (Global Atmosphere Watch) terletak di Pulau Sumatera, Indonesia (0° 12′ 07″ LS – 100° 19′ 05″ BT). Stasiun ini berjarak 17 km arah Utara kota Bukittinggi dan lebih kurang 120 km Utara kota Padang.

Kontak Kami

Jl. Raya Bukittinggi - Medan KM.17 Palupuh, Kab. Agam Sumatera Barat 26151

(0752) 7446449
(0752) 7446089