Kabar-kabari seputar GAW Bukit Kototabang

Home | kabar-kabari

Webinar Kualitas Udara Tahun 2020

  • Admin / Rabu, 26 Agustus 2020
  • 25

Image Description

Tanggal 25 Agustus 2020 tepatnya hari selasa, Stasiun Pemantau Atmosfer Global (GAW) Bukit Kototabang mengadakan seminar online tentang kualitas udara yang bekerjasama dengan Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Sumatera Barat. Judul yang dipilih dalam seminar online kali ini yaitu Antisipasi Penurunan Kualitas Udara Berkaitan Musim Kemarau 2020 di Sumatera Barat. Berkaca pada tahun 2019 Sumatera Barat terdapat kejadian kabut asap yang puncaknya terjadi pada bulan september yang menyebabkan aktivitas masyarakat terganggu. Sehingga pemerintah membuat keputusan untuk meliburkan kegiatan sekolah.                                                             

                Kegiatan webinar dilaksanakan secara virtual menggunakan aplikasi zoom dan youtube. Jumlah peserta yang mendaftar dalam kegiatan ini berjumlah 420 orang yang berasal dari berbagai kalangan. Dalam webinar ini hadir juga Deputi Klimatologi BMKG, Drs. Herizal, M.Si sekaligus sebagai opening speech. Terdapat 3 narasumber dalam webinar kali ini yaitu Heron Tarigan, S.P., M.Si, selaku Kepala Stasiun Klimatologi Padang Pariaman, dengan judul Perkembangan Musim Kemarau 2020 di Sumatera Barat, Ir. Siti Aisyah, M.Si, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Sumatera Barat, tentang Kebijakan dan Program Langit Biru di Sumatera Barat serta Kepala Stasiun Pemantau Atmosfer Global Bukit Kototabang, Wandayantolis, M.Si dengan judul potensi penurunan kualitas udara di Sumatera Barat tahun 2020.

   

                Selaku moderator webinar kali ini yaitu Siswanto, M.Sc., PhD (cand) sebagai Kepala Sub Bidang Produksi Informasi Iklim dan Kualitas Udara BMKG dan bertindak sebagai MC Sheila Dewi Ayu Kusumaningtyas, M.Si selaku Peneliti di BMKG. Webinar kali ini berjalan dengan baik dan mendapat banyak tanggapan dari seluruh audien yang ada terutama yang bergerak dalam penanganan kualitas udara.

              


Kabar lainnya

Info Gempa

22-Sep-20 08:19:07 WIB
Magnitudo : 5.2 SR
Kedalaman : 141 Km
Lokasi : 6.87 LS - 129.45 BT
232 km TimurLaut MALUKUBRTDAYA
tidak berpotensi TSUNAMI
Historis Gempa

Help Desk

Artikel

Pengumuman

Stasiun Pemantau Atmosfer Global Bukit Kototabang (Global Atmosphere Watch) terletak di Pulau Sumatera, Indonesia (0° 12′ 07″ LS – 100° 19′ 05″ BT). Stasiun ini berjarak 17 km arah Utara kota Bukittinggi dan lebih kurang 120 km Utara kota Padang.

Aplikasi Mobile

GAWku merupakan aplikasi basis Android resmi dari Stasiun Pemantau Atmosfer Global (GAW) Bukit Kototabang yang menyediakan informasi kualitas udara, cuaca, klimatologi dan kegempaan.

Image Description

Kontak Kami

Jalan Raya Bukittinggi - Medan KM.17 Palupuh, Kabupaten Agam, Provinsi Sumatera Barat 26151