Kabar-kabari seputar GAW dan BMKG

Home | kabar-kabari

Kunjungan Politeknik Negeri Padang Prog.Studi Teknik Telekomunikasi

  • Admin / Sabtu, 09 November 2019
  • 45

Image Description

Pada hari Kamis tanggal 7 Nopember 2019 telah dilaksanakan Kuliah Lapangan oleh mahasiswa dari Politeknik Negeri Padang ke Stasiun GAW Bukit Kototabang. Pada kesempatan ini kuliah lapangan dilakukan oleh mahasiswa dari Program Studi Teknik Telekomunikasi. Kunjungan ke Stasiun GAW Bukit Kototabang ini merupakan salah satu agenda kunjungan setelah kunjungan ke Kantor LAPAN. Kuliah lapangan kali ini diikuti oleh 20 mahasiswa dan mahasiswi dengan 5 dosen pembimbing.

Berhubung hari itu bertepatan dengan adanya agenda penting yakni sosialisasi dari inspektorat BMKG Pusat dan dihadiri oleh semua pejabat struktural maka rombongan peserta kunjungan diterima oleh pegawai operasional yang dinas saat itu. Atas nama Kepala Stasiun GAW Bukit Kototabang, pengantar dan pembukaan acara dilakukan di aula stasiun oleh Andi Sulistiyono.                       

Materi presentasi yang berisi pengetahun umum tentang sejarah dan bidang tugas dari stasiun GAW Bukit Kototabang dibawakan oleh Ikhsan Buyung Arifin. Selanjutnya untuk kegiatan teknis lapangan di Stasiun GAW Bukit Kototabang, peserta dibagi menjadi 2 kelompok untuk mendapatkan bahan pembelajaran tentang Kualitas Udara yang dilaksanakan di Lab KU Stasiun dan pengenalan tentang cuaca-klimatologi yang dilaksanakan di taman alat stasiun GAW Bukit Kototabang. Materi di Lab KU disampaikan oleh Tanti Tritama Okaem dan untuk materi di Taman Alat Klimatologi disampaikan oleh Harika Utri dengan didampingi oleh Andi Sulistiyono. Dari sesi diskusi dan penutupan disampaikan bahwa mereka sangat senang dan mendapat tambahan ilmu baru tentang kualitas udara dan melihat langsung alat-alat klimatologi yang ada di stasiun.

Kenang-kenangan bahwa telah dilakukan kuliah lapangan di Stasiun GAW Bukit Kototabang maka diserahkannya plakat dan cindramata dari Politeknik Negeri Padang yang diterima oleh Stasiun GAW Bukit Kototabang dalam hal ini diwakili penerimaannya oleh Andi Sulistiyono. Plakat dan kenang-kenangan ini menambah daftar plakat kenang-kenangan yang tersusun rapi bersama plakat-plakat lainnya menghiasi etalase.  

 


Kabar lainnya

Info Gempa

05-Dec-19 19:24:43 WIB
Magnitudo : 5.8 SR
Kedalaman : 10 Km
Lokasi : 5.33 LU - 126.83 BT
148 km TimurLaut MELONGUANE-SULUT
tidak berpotensi TSUNAMI
Historis Gempa

Help Desk

Artikel

Pengumuman

Stasiun Pemantau Atmosfer Global Bukit Kototabang (Global Atmosphere Watch) terletak di Pulau Sumatera, Indonesia (0° 12′ 07″ LS – 100° 19′ 05″ BT). Stasiun ini berjarak 17 km arah Utara kota Bukittinggi dan lebih kurang 120 km Utara kota Padang.

Kontak Kami

Jl. Raya Bukittinggi - Medan KM.17 Palupuh, Kab. Agam Sumatera Barat 26151

(0752) 7446449
(0752) 7446089