Kabar-kabari seputar GAW Bukit Kototabang

Home | kabar-kabari

Kunjungan Deputi Klimatologi BMKG ke GAW Bukit Kototabang

  • Admin / Senin, 26 April 2021
  • 62

Image Description

Bukit Kototabang – Minggu (26/4) Deputi Klimatologi BMKG, Bapak Drs. Herizal, M.Si, mengunjungi Stasiun Pemantau Atmosfer Global (GAW) Bukit Kototabang dengan didampingi oleh Kepala Pusat Layanan Informasi Iklim Terapan, Dr. Ardhasena Sopaheluwakan, Koordinator Bidang Informasi Kualitas Udara, Budi Setiawan, ST, M.Si serta Staf Sub Bidang Informasi Gas Rumah Kaca, Mohamad Abdullah Arif, S.Kom. Kegiatan ini dilakukan dalam rangka meninjau perkembangan teknis dan kesiapan SDM untuk mendukung kegiatan pengamatan kualitas udara di GAW Bukit Kototabang secara langsung. Kegiatan diawali dengan peninjauan peralatan pengamatan di Laboratorium Utama GAW Bukit Kototabang didampingi oleh PIC dari peralatan tersebut, dilanjutkan dengan pengecekan peralatan di Taman Alat GAW Bukit Kototabang yang difokuskan pada kinerja alat Automatic Solar Radiation Station (ASRS).

Setelah meninjau peralatan pengamatan, kegiatan dilanjutkan dengan pemaparan materi dan diskusi yang dimoderatori oleh Kepala Stasiun GAW Bukit Kototabang, Wandayantolis,M.Si, dihadiri oleh para pegawai GAW Bukit Kototabang serta jajaran alumni GAW Bukit Kototabang dari beberapa UPT BMKG Provinsi Sumatera Barat. Paparan pertama diisi oleh Bapak Drs. Herizal, M.Si dengan materi "Tantangan Layanan Iklim". Materi ini menjelaskan tentang tantangan global yang dihadapi BMKG dalam melakukan pelayanan iklim saat ini, ditinjau dari aspek pembangunan berketahanan dari dampak perubahan iklim hingga saran produk yang dapat dihasilkan oleh GAW Bukit Kototabang dalam menyikapi perkembangan literasi perubahan iklim.

Paparan berikutnya diisi oleh Bapak Dr. Ardhasena Sopaheluwakan dengan materi pertama "Future of Climate Services". Materi ini meneruskan pembahasan sebelumnya dengan membahas tentang perkembangan layanan dan penggunaan data klimatologi yang telah diaplikasikan dalam beberapa komunitas tani. Materi kedua berjudul “Integrated Global Greenhouse Gas Information System (IG3IS) Indonesia”, materi ini membahas tentang roadmap dari layanan GAW dimasa depan dengan membuat jaringan monitoring Gas Rumah Kaca Indonesia secara teintegrasi. Hasil informasi yang dihasilkan adalah pemodelan yang dapat menjadi rujukan pengambilan kebijakan untuk pemerintah dalam menangani dampak perubahan iklim, pendukung program Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB) atau Sustainable Development Goals (SDGs) 2030, serta informasi kesehatan masyarakat dalam bidang polusi udara sebagai mitigasi dari dampak polusi udara. 

   

 


Kabar lainnya

Info Gempa

18 Mei 2021 23:17:28 WIB
Magnitudo : 3.0
Kedalaman : 10 km
Lokasi : 3.72 LS - 128.09 BT
Pusat gempa berada di laut 10 km barat Ambon
Gempa ini dirasakan untuk diteruskan pada masyarakat
Historis Gempa

Help Desk

Artikel

Pengumuman

Stasiun Pemantau Atmosfer Global Bukit Kototabang (Global Atmosphere Watch) terletak di Pulau Sumatera, Indonesia (0° 12′ 07″ LS – 100° 19′ 05″ BT). Stasiun ini berjarak 17 km arah Utara kota Bukittinggi dan lebih kurang 120 km Utara kota Padang.

Aplikasi Mobile

GAWku merupakan aplikasi basis Android resmi dari Stasiun Pemantau Atmosfer Global (GAW) Bukit Kototabang yang menyediakan informasi kualitas udara, cuaca, klimatologi dan kegempaan.

Image Description

Kontak Kami

Jalan Raya Bukittinggi - Medan KM.17 Palupuh, Kabupaten Agam, Provinsi Sumatera Barat 26151