Kabar-kabari seputar GAW Bukit Kototabang

Home | kabar-kabari

Kunjungan Kerja Tim Kementrian PPN/Bapenas RI di Stasiun Pemantau Atmosfer Global Bukit Kototabang

  • Admin / Minggu, 11 April 2021
  • 162

Image Description

Sabtu, 10 April 2021, Stasiun Pemantau Atmosfer Global (GAW) Bukit Kototabang menerima kunjungan dari tim Kementrian PPN/Bappenas Republik Indonesia. Tim yang hadir yakni Direktur Lingkungan Hidup Ir. Medrilzam, M.Prof. Econ, Ph.D, Direktur Perencanaan Pendanaan Pembangunan ibu Teni Widuriyanti, SE, MA, Direktur Kerja Sama Pendanaan Multilateral ibu Dr. Rd Siliwanti, MPIA, serta didapingi oleh beberapa staf dari Kementrian PPN/Bapenas. Kunjungan ini disambut baik oleh Koordinator BMKG Sumatera Barat Bapak Irwan Slamet, ST, M.Si dan Kepala Stasiun GAW Bukit Kototabang Bapak Wandayantolis, M.Si, Kepala Sub Tatausaha Bapak Darmadi, ST, Koordinator Bidang Observasi Bapak Reza Mahdi, ST, beserta pegawai dan staf Stasiun GAW Bukit Kototabang.

Kunjungan kerja ini bertujuan untuk menyatukan pandangan dan presepsi tentang kegiatan operasional, eksistensi Stasiun GAW Bukit Kototabang di mata dunia, serta membahas isu global yang akan dihadapi kedepan oleh Stasiun GAW Bukit Kototabang, BMKG, dan Pemerintah Republik Indonesia terkait pengamatan kualitas udara dan perubahan iklim global. Pada kesempatan ini peneliti Stasiun Pemantau Atmosfer Global (GAW) Bukit Kototabang Bapak Alberth Christian Nahas, P.hD memberikan paparan tentang pengenalan stasiun, visi dan misi, kegiatan operasional, status GAW Bukit Kototabang sebagai bagian jaringan Stasiun GAW dunia, dan tantangan global kedepan yang akan dihadapi oleh stasiun GAW Bukit Kototabang dan BMKG. Diharapkan kedepan adanya kerjasama multilateral dan multisektoral antara kementrian/instansi terkait untuk mendukung program pemerintah dalam hal menanggapi perubahan iklim dan mitigasi bencana yang terukur serta terstruktur untuk kesejahteraan masyarakat Indonesia.

 
     
 
     
 

 

.: Reported by Reza Mahdi,ST


Kabar lainnya

Info Gempa

18 Mei 2021 23:17:28 WIB
Magnitudo : 3.0
Kedalaman : 10 km
Lokasi : 3.72 LS - 128.09 BT
Pusat gempa berada di laut 10 km barat Ambon
Gempa ini dirasakan untuk diteruskan pada masyarakat
Historis Gempa

Help Desk

Artikel

Pengumuman

Stasiun Pemantau Atmosfer Global Bukit Kototabang (Global Atmosphere Watch) terletak di Pulau Sumatera, Indonesia (0° 12′ 07″ LS – 100° 19′ 05″ BT). Stasiun ini berjarak 17 km arah Utara kota Bukittinggi dan lebih kurang 120 km Utara kota Padang.

Aplikasi Mobile

GAWku merupakan aplikasi basis Android resmi dari Stasiun Pemantau Atmosfer Global (GAW) Bukit Kototabang yang menyediakan informasi kualitas udara, cuaca, klimatologi dan kegempaan.

Image Description

Kontak Kami

Jalan Raya Bukittinggi - Medan KM.17 Palupuh, Kabupaten Agam, Provinsi Sumatera Barat 26151