Kabar-kabari seputar GAW Bukit Kototabang

Home | kabar-kabari

Dialog Kentongan RRI Bukittinggi

  • Admin / Rabu, 03 Maret 2021
  • 45

Image Description

Selasa tanggal 02 Maret 2021, Stasiun Pemantau Atmosfer Global Bukit Kototabang berkesempatan mengisi program acara Dialog Kentongan RRI Pro1 Bukittinggi. Dalam kegiatan ini, sebagai narasumber dari Stasiun Pemantau Atmosfer Global Bukit Kototabang adalah bapak Wandayantolis, M.Si selaku kepala stasiun. Pada dialog ini juga diundang sebagai narasumber adalah bapak Joni Amir, sekalu Kalaksa BPBD Kabupaten Lima Puluh Kota. Dialog yang berlangsung selama satu jam ini mengangkat tema "Stategi Penyelamatan Hutan di Musim Panas". Berbagai langkah-langkah dan upaya yang dapat dilakukan untuk menghindari terjadinya kebakaran hutan, diantaranya himbauan dilarang membakar sampah pada kondisi cuaca panas dengan kelembapan udara yang rendah, karena dapat memicu terjadinya kebakaran yang lebih besar. Selain itu, langkah yang dapat ditempuh adalah himbauan untuk tidak membuka lahan dengan cara membakar, dan juga himbuauan kepada masyarakat untuk tidak membakar jerami saat musim panas. Kebakaran hutan akan menyebabkan penurunan kualitas udara, ditandai dengan adanya kabut asap yang membawa polutan yang berbahaya bagi kesehatan dan juga membahayakan bagi transportasi khususnya penerbangan karena pendeknya jarak pandang.

 


Kabar lainnya

Info Gempa

11 Apr 2021 17:44:45 WIB
Magnitudo : 4.8
Kedalaman : 26 km
Lokasi : 6.33 LS - 104.66 BT
Pusat gempa berada di laut 94 km Barat Daya Tanggamus
Gempa ini dirasakan untuk diteruskan pada masyarakat
Historis Gempa

Help Desk

Artikel

Pengumuman

Stasiun Pemantau Atmosfer Global Bukit Kototabang (Global Atmosphere Watch) terletak di Pulau Sumatera, Indonesia (0° 12′ 07″ LS – 100° 19′ 05″ BT). Stasiun ini berjarak 17 km arah Utara kota Bukittinggi dan lebih kurang 120 km Utara kota Padang.

Aplikasi Mobile

GAWku merupakan aplikasi basis Android resmi dari Stasiun Pemantau Atmosfer Global (GAW) Bukit Kototabang yang menyediakan informasi kualitas udara, cuaca, klimatologi dan kegempaan.

Image Description

Kontak Kami

Jalan Raya Bukittinggi - Medan KM.17 Palupuh, Kabupaten Agam, Provinsi Sumatera Barat 26151