Kabar-kabari seputar GAW Bukit Kototabang

Home | kabar-kabari

Sharing Session Peralatan Penelitian Kerjasama EOS (LIPI) di GAW Bukit Kototabang

  • Admin / Kamis, 24 September 2020
  • 36

Image Description

Rabu 23 September 2020,

Stasiun GAW Bukit Kototabang melaksanakan kegiatan Zoom meeting dengan Tema “ Sharing Session Peralatan Penelitian Kerjasama di GAW Bukit Kototabang” Sebagai narasumber Bpk Dr. Iwan Hermawan, PIC dari Earth Observatory of Singapore (EOS) untuk project Sumatran GPS Array (SuGAr).

SuGar Network telah terinstalasi sejak tahun 2002 dimana salah satunya berada di Stasiun GAW Bukit Kototabang, Saat sekarang ini GPS Banyak difungsikan untuk kegiatan seismologi,

Data dari GPS dapat terlihat terdapat tiga komponen Noth,East dan Up, keteka konvergensi terus mengalami deformasi maka data GPS akan terus meningkat untuk ketiga komponen. Ketika ada Gempa akan terjadi koseismik displasment dan koordinatnya akan dapat kita pantau.

Untuk perbaikan SuGar Network ini terdapat beberapa kesulitan diantaranya, Lokasi yang agak susah dijangkau, Instruments yang agak rentan terhadap perubahan cuaca, sosial issues seperti berganti kepemilikan lahan, konflik internal, Dari 58 station ada 11 station yang tidak beroperasi.

 


Kabar lainnya

Info Gempa

21-Oct-20 21:35:09 WIB
Magnitudo : 5.2 SR
Kedalaman : 10 Km
Lokasi : 3.31 LS - 100.35 BT
33 km BaratDaya PULAUPAGAISELATAN-SUMBAR
tidak berpotensi TSUNAMI
Historis Gempa

Help Desk

Artikel

Pengumuman

Stasiun Pemantau Atmosfer Global Bukit Kototabang (Global Atmosphere Watch) terletak di Pulau Sumatera, Indonesia (0° 12′ 07″ LS – 100° 19′ 05″ BT). Stasiun ini berjarak 17 km arah Utara kota Bukittinggi dan lebih kurang 120 km Utara kota Padang.

Aplikasi Mobile

GAWku merupakan aplikasi basis Android resmi dari Stasiun Pemantau Atmosfer Global (GAW) Bukit Kototabang yang menyediakan informasi kualitas udara, cuaca, klimatologi dan kegempaan.

Image Description

Kontak Kami

Jalan Raya Bukittinggi - Medan KM.17 Palupuh, Kabupaten Agam, Provinsi Sumatera Barat 26151