Kabar-kabari seputar GAW dan BMKG

Home | kabar-kabari

Upacara memperingati Hari Meteorologi Klimatologi dan Geofisika ke-72 BMKG Sumatera Barat

  • Admin / Senin, 22 Juli 2019
  • 71

Image Description

Senin 22 Juli 2019, dihari yang cerah bertempat di Stasiun Geofisika Silaing Bawah - Padang Panjang selaku stasiun koordinator BMKG Provinsi Sumatera Barat diadakan upacara bendera memperingati Hari Meteorologi Klimatologi dan Geofisika ke-72. Upacara ini diikuti oleh segenap insan BMKG Provinsi Sumatera Barat, yakni Stasiun Geofisika Silaing Bawah Padang Panjang, Stasiun GAW Bukit Kototabang, Stasiun Meteorologi Minangkabau, Stasiun Meteorologi Teluk Bayur dan Stasiun Klimatologi Padang Pariaman. 

Selaku pembina upacara, Bapak Umar Hasan. ST, M.Kom (Kepala Subbag Tata Usaha Stasiun Meteorologi Minangkabau) membacakan sambutan Ibu Kepala Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Prof. Dwikorita Karnawati, M.Sc., Ph.D. Dalam sabutan Kepala BMKG tersebut menyebutkan sejarah lahirnya BMKG sampai dengan kondisi BMKG sekarang yang komplit dengan tugas dan fungsi dari BMKG. UU nomor 31 tahun 2009 tertuang fungsi, tugas dan peranan BMKG dalam mendukung kinerja pemerintahan. Layanan multi sektoral yang diperankan BMKG terbukti telah banyak memberikan layanan dan informasi yang diperlukan masyarakat dan pemerintahan. Seperti layanan meteorologi penerbangan, layanan meteorologi maritim, layanan dan informasi gempa dan tanda waktu serta layanan informasi iklim dan kualitas udara. Jelas bahwa BMKG menyentuh pada setiap lapisan masyarakat dan instansi. 

Sesuai dengan tema Inovasi BMKG Untuk Indonesia Sejahtera, BMKG selalu berupaya memberikan informasi yang super cepat dan super tepat di berbagai platform yang multi fungsi serta didukung oleh ketersediaan peralatan canggih, moderen dan terbaru menjadi tuntutan bagi BMKG supaya layanan informasi yang diberikan memiliki nilai tambah (Add Value) bagi penggunanya.

Dalam sambutan tersebut, Kepala BMKG juga mengajak kepada insan BMKG seluruh Indonesia untuk menjadikan momentum Hari Meteorologi Klimatologi dan Geofisika ke-72 untuk bersyukur kepada Tuhan YME atas segala prestasi yang telah dicapai sekaligus menjadi titik refleksi tentang apa-apa yang harus diperbaiki kedepannya. Semoga Tuhan YME terus memberikan hidayahnya kepada BMKG sehingga dapat terus menjaga amanah masyarakat Indonesia dalam mengawal keselamatan bangsa dan keberlangsungan pembangunan nasional.

 


Kabar lainnya

Info Gempa

20-Aug-19 18:35:20 WIB
Magnitudo : 5.1 SR
Kedalaman : 128 Km
Lokasi : 7.42 LS - 129.19 BT
175 km TimurLaut MALUKUBRTDAYA
tidak berpotensi TSUNAMI
Historis Gempa

Help Desk

Artikel

Pengumuman

Stasiun Pemantau Atmosfer Global Bukit Kototabang (Global Atmosphere Watch) terletak di Pulau Sumatera, Indonesia (0° 12′ 07″ LS – 100° 19′ 05″ BT). Stasiun ini berjarak 17 km arah Utara kota Bukittinggi dan lebih kurang 120 km Utara kota Padang.

Kontak Kami

Jl. Raya Bukittinggi - Medan KM.17 Palupuh, Kab. Agam Sumatera Barat 26151

(0752) 7446449
(0752) 7446089